Kenali 10 Penyebab Benjolan di Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan

Benjolan di ketiak kanan yang menimbulkan rasa sakit saat ditekan tentunya membuat kekhawatiran bagi setiap orang. Benjolan di ketiak kanan tidak hanya tanda dari penyakit berbahaya saja, namun juga dapat menjadi tanda dari efek samping obat-obatan yang dikonsumsi.

Maka dari itu, sangat penting untuk kita mengetahui lebih jauh penyebab benjolan di ketiak kanan sakit bila ditekan. Simak informasinya berikut ini.

Apa itu benjolan di ketiak kanan?
Benjolan di ketiak kanan adalah suatu kondisi munculnya pembengkakan dengan ukuran kecil hingga besar di sekitar ketiak. Benjolan di ketiak kanan ini dapat terasa keras, kenyal, ataupun lunak, dan biasanya berwarna kemerahan.

Benjolan di ketiak kanan ini biasanya dapat muncul dari ibu menyusui, ataupun bagi mereka yang sering mencukur bulu ketiak sehingga menimbulkan infeksi pada ketiak. Tetapi, benjolan di ketiak kanan juga dapat menjadi tanda dari penyakit berbahaya sehingga membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Apa penyebab benjolan di ketiak kanan?
Benjolan di ketiak kanan dapat disebabkan oleh banyak hal dan memiliki pembengkakan yang berbeda-beda dari masing-masing penyebab. Berikut adalah penyebab-penyebab benjolan di ketiak kanan:

  1. Infeksi kelenjar getah bening
    Infeksi kelenjar getah bening akan membuat benjolan di ketiak yang mana adalah lokasi dari kelenjar getah bening. Infeksi kelenjar getah bening ini adalah tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi virus ataupun bakteri yang masuk. Biasanya pembengkakan kelenjar getah bening ini akan hilang dengan sendirinya.
  2. Benjolan Bisul
    Benjolan bisul adalah peradangan abses berwarna merah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya bisul memiliki tekstur yang lunak dan berisikan nanah sehingga menyebabkan rasa sakit.
  3. Benjolan kista
    Kista adalah benjolan berisi cairan nanah ataupun udara yang dapat tumbuh di ketiak dan menimbulkan rasa sakit. Biasanya, benjolan kista dapat tumbuh akibat dari proses mencukur bulu ketiak yang kurang baik.
  4. Alergi pada ketiak
    Alergi pada ketiak biasanya disebabkan oleh produk yang tidak cocok dengan kulit ketiak. Ketidakcocokan ini dapat menimbulkan pembengkakan dan rasa sakit pada ketiak.
  5. Pertumbuhan kutil
    Kutil adalah suatu gangguan kesehatan kulit yang ditandai dengan munculnya jaringan lunak di kulit dan berukuran kecil.
  6. Lipoma
    Lipoma adalah jaringan tumor yang tumbuh pada ketiak dan menyebabkan timbulnya benjolan di ketiak namun biasanya tidak disertai dengan rasa sakit.
  7. Efek vaksinasi
    Efek vaksinasi biasanya menyebabkan benjolan di ketiak akibat dari reaksi vaksin menyerang sistem kekebalan tubuh.
  8. Limfoma
    Limfoma adalah pertumbuhan sel kanker pada kelenjar getah bening sehingga menyebabkan benjolan pada ketiak. Limfoma harus segera ditangani dengan baik sebelum terjadi peningkatakan stadium kanker yang lebih tinggi.
  9. Kanker payudara
    Kanker payudara adalah pertumbuhan sel kanker yang ada di payudara dan menyebabkan benjolan di ketiak. Sama seperti limfoma, kanker payudara juga harus ditangani oleh medis dengan cepat.
  10. Efek obat-obatan
    Benjolan di ketiak kanan seringkali disebabkan oleh efek obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Benjolan yang muncul ini biasanya akibat dari reaksi alergi terhadap kandungan obat yang dikonsumsi.

Apakah benjolan di ketiak berbahaya?
Bahaya benjolan di ketiak dapat dilihat dari penyebab benjolan tersebut. Biasanya, tingkat keparahan benjolan di ketiak akan mengacu pada besarnya benjolan, tekstur benjolan, dan risiko komplikasi yang akan terjadi dari benjolan tersebut. Maka dari itu, pasien harus memeriksakan benjolan di ketiak kepada tim medis untuk mendapatkan diagnosa serta penanganan terbaik.

Selain daripada itu, benjolan di ketiak kanan dapat diobati dengan menjaga kesehatan, minum air mineral yang cukup, menjaga kebersihan ketiak, serta mengonsumsi obat antiinflamasi yang telah diresepkan oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *